News
17 September 2019

Mesin fotokopi sudah menjadi suatu kebutuhan dikehidupan sehari-hari terutama didunia kerja. Tak heran jika setiap perusahaan sudah memiliki mesin fotokopi di kantornya. Tetapi banyak pemilik mesin fotocopy yang sering mengeluh terhadap hasil fotokopi yang pucat atau kurang tajam.

Jika mungkin Anda memiliki masalah seperti ini jangan buru-buru untuk menelepon jasa service ataupun menggantinya dengan baru. Sebaiknya Anda memperhatikan 3 faktor ini sebelum Anda memutuskan untuk menelepon jasa service ataupun menggantinya dengan mesin fotocopy baru. Berikut 3 hal yang harus diperhatikan ketika hasil mesin fotocopy Anda kurang baik.

 

 

kertas fotocopy burem

 

Perhatikan Kualitas Toner

Hal yang pertama adalah kualitas dari toner itu sendiri. Kebanyakan dari masalah hasil mesin fotokopi yang kurang baik itu dikarena kualitas toner yang kurang baik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil mesin fotokopi yang baik, maka segeralah ganti toner Anda dengan yang lebih baik.

Biasanya toner yang dipakai mesin photocopy adalah kualitas 1 ( KW 1 ) merknya beragam tetapi kebanyakan toner tersebut didatangkan dari Singapore. Memang tidak salah memakai toner dengan kualitas 1 tetapi ada baiknya ada juga harus memilih-milih kualitas toner yang memang terbukti bagus.

Setting Program

Setelah Anda sudah mengganti toner, maka langkah selanjutnya adalah mensetting mesin photocopy tersebut. Mesin photocopy Canon merupakan mesin fotocopy digital dan umumnya dilengkapi dengan sistem atau pemrograman yang terdapat dari mesin itu sendiri. Untuk masuk kedalam program tersebut kita dapat mengaksesnya dengan cara menekan tombol [*28*]* yang maksud disini adalah yang terdapat pada tulisan Additional Function kemudian angka 2 dan 8 ditekan secara bersamaan lalu tekan lagi *.

Jika Anda berhasil maka akan masuk ke sistem dan pemrograman dapat Anda lakukan disana. Hanya ada beberapa setting yang perlu Anda lakukan disini yaitu DEV – AE – DENS, disini akan ada angka standard pemrograman jika memang disana belum tersettting maka Anda dapat minta bantuan kepada teknisi. Coba Anda kurangkan atau tambahkan angka yang terdapat pada masing-masing settingan dan sekarang Anda dapat tes hasilnya.

Perhatikan Mekanik Developing

Hasil mesin fotokopi yang kurang baik bisa juga terjadi karena bagian developing yang kurang baik, maka Anda harus mengecek pada bagian developing. Ada disana semacam Roll Magnit jika Anda melihat kondisi fisiknya kurang baik seperti warnanya sedikit keputih-putihan atau ke abu-abuan maka dapat dipastikan hal tersebut dapat mengurangi ketajaman hasil copy atau print.

Top