News
07 Juli 2020

Mesin Fotocopy merupakan mesin yang berperan penting dalam mempermudah pekerjaan, dengan adanya mesin ini pekerjaan untuk menggandakan dokumen bisa dilakukan dengan cepat dan efesien. Oleh karena itu, mesin fotocopy tentu merupakan mesin berharga yang harus dijaga kondisinya agar tetap dalam kondisi yang prima saat digunakan guna menghasilkan kualitas terbaik pada hasil fotocopynya. Namun terkadang Anda kebingungan bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi dalam mesin fotocopy analog seperti error code ataupun dan Paper Jam yang mungkin bisa saja terjadi.

mesin photocopy sering paper jam?

Error Code merupakan merupakan bentuk gangguan yang mengakibatkan suatu mesin fotocopy tak dapat berjalan dengan semestinya. Jika Anda sudah mengetahui apa fungsi dari code yang ditampilkan, dengan mengetahui Error Code yang terjadi Anda bisa lebih efisien dalam penanganan masalahnya, dalam artikel sebelumnya sudah pernah dibahas tentang “Tips Mengatasi Error Code Pada Mesin Fotokopi”.  Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca disana.

Dan Untuk masalah yang mungkin sering terjadi dan membuat Anda merasa frustasi adalah “Paper Jam”. Ya, ini merupakan hal yang kurang menyenangkan bila terjadi pada mesin fotocopy kesayangan Anda. Namun Anda bisa mencegah Paper Jam dengan mengikuti 3 tips ini :

 

1. Rapihkan Kertas Sebelum Masuk ke Dalam Rak Kertas Mesin Fotocopy

 

Hal ini merupakan hal sederhana yang biasa di anggap remeh oleh sebagian orang, namun ternyata hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab paper jam. Jika ada kertas yang kurang rapi, robek, atapun sobek segera ganti dengan kertas yang baru ataupun dilakukan perenggangan terhadap kertas, untuk mencegah paper jam yang kemungkinan bisa terjadi dalam kondisi ini.

 

2.  Perhatikan Kelembaman Kertas yang Digunakan

 

Kertas yang lembab merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya paper jam, karena itu saat menggunakan kertas, terlebih dulu perhatikan kelembamannya, jika terasa lembab, sebaiknya gunakan kertas lain dahulu, sementara kertas yang lembab bisa tempatkan diruang yang bersuhu normal. Ingat, sebaiknya jangan sampai Anda mengabaikan hal remeh yang bisa memicu terjadinya hal yang lebih besar bisa terjadi.

 

3.  Menjaga Kebersihan Sensor-Sensor pada Mesin Fotocopy

 

Mesin fotocopy merupakan mesin yang serba guna, namun mesin tetaplah mesin, mesin butuh perawatan dan pembersihan agar tetap dalam keadaan yang baik guna menjaga kualitas yang dihasilkan. Karena itu sering-seringlah memeriksa dan membersihkan sensor-sensor area yang ada dalam mesin fotocopy Anda. Dengan mengikuti 3 tips ini, mesin fotocopy Anda bisa menjadi lebih prima karena perawatan yang dilakukan sekaligus bisa mencegah masalah paper jam yang bisa saja terjadi.

 

Top