News
16 Februari 2019

Mengatasi Masalah Mesin Fotocopy Canon Analog

Untuk sebagian pengguna atau pemilik fotocopy pastinya mereka sering menemukan masalah pada mesin fotocopy yang digunakannya. Seperti halnya dahulu yang pernah kami bahas tentang masalah error E202 pada mesin fotocopy canon.  Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang masalah error E204 pada mesin photocopy. Apakah itu error E204 dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas bersama-sama.

Apa itu Error E204?

Masalah Error E204 merupakan suatu masalah yang terjadi ketika Signal Scanner leading edge (SCDP1) pada mesin fotocopy yang tidak dihasilkan dalam waktu 0,8 detik setelah scanner bergerak maju atau ketika Signal Scanner leading edge (SCDP1) tidak dihasilkan dalam waktu 1,0 detik setelah scanner mulai bergerak maju.

Banyak hal yang menyebabkan kerusakan ini yang pertama dikarenakan scanner motor (M3) yang rusak, sensor original leading edge (PS3) yang rusak atau dapat juga disebabkan karena DC controller PCB yang bermasalah / rusak pada mesin photocopy itu sendiri.

Cara Memperbaiki Error E204?

Untuk memperbaiki masalah ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, berikut 5 langkah perbaikiannya

  • Pertama Anda harus mengecek, apakah scanner bergerak maju saat tombol copy start ditekan ?
  • Jika tidak, cobalah Anda memeriksa sensor original leading edge sensor (PS3) dan gantilah dengan yang baru .
  • Jika sensor original leading edge sensor (PS3) dalam kondisi baik maka Anda perlu memeriksa perkabelan dari DC controller PCB menuju ke sensor original (PS3) juga konektornya mungkin ada kabel dan konektornya yang kurang baik / cacat .
  • Anda juga perlu memeriksa kondisi motor scanner (M3) juga perkabelannya menuju ke DC controller PCB .
  • Dan apabila semua tahapan pemeriksaan telah dilakukan tetapi hasilnya mesin masih tetap error E204 , kemungkinan terjadinya kerusakan pada DC controller PCB.

Penyebab masalah dan langkah pemeriksaan yang kali ini kami paparkan pada artikel ini hanya sebagai pedoman dalam menganalisa kerusakan E204 dan selebihnya anda harus lebih teliti lagi .

Selamat bekerja semoga masalah pada mesin fotocopy Anda dapat cepat teratasi .

Top