News
18 Desember 2018

Setelah mengetahui banyak hal mengenai mesin fotokopi pada artikel sebelumnya, akan di bahas mengenai perbedaan antara mesin fotokopi dan mesin stensil, sebelumnya apakah anda belum mengerti apa itu stensil? akan saya ulas sedikit mengenai mesin stensil.

Mesin stensil pertama kali dibuat oleh Thomas Alfa Edison pada tahun 1876  mesin stensil berfungsi sebagai mesin penghasil dokumen dalam jumlah banyak dengan menggunakan bantuan kertas "master" yang disebut dengan stensil sheet.Apabila terdapat 2 warna atau lebih pada salinan akhir maka akan di buat duplikasi yang terpisah untuk pengaplikasian pada tiap warna yang akan di jalankan.

Perbedaan  mesin fotokopi dan stensil jika kita lihat dari segi ukuran tentunya berbeda , mesin fotokopi memiliki ukuran yang jauh lebih besar di bandingkan dengan stensil ,  perbedaannya dapat anda lihat dalam foto di bawah ini

 

 Gambar mesin Stensil 

 

Perbedaan yang kedua adalah dalam hal pengoperasian, mesin fotokopi di gunakan untuk mengandakan dokument sama halnya stensil namun mesin fotokopi memiliki fungsi analog dan digital yang dapat mengkopi 1 dokument menjadi banyak dokument hanya dalam hitungan detik saja,berbeda dengan mesin stensil,pengoperasian mesin stensil menggunakan  tenaga manual atau tenaga manusia , dan tentunya agak sulit untuk mencetaknya karena disebabkan oleh beberapa hal berikut.

1.Tuts yang akan dilakukan pencetakan harus dibersihkan terlebih dahulu karena pastinya mengandung bekas karbon atau tipe-ex hal ini dianjurkan agar hasil cetakan menjadi bersih.

2.Sit stensil harus benar-benar rata pada sheet stensil agar menghasilkan cetakan yang bagus dan rapih.

3.Pengetikan pada sheet stensil tidak dapat dilakukan secara cepat karena dapat merusak hasil atau hasil tidak memuaskan.

point di atas adalah hanya sedikit cara pengoperasian untuk menghasilkan dokument pada mesin stensil.Cukup sulit dalam penggunaannya karena kita harus mengaplikasikan cetakan pada mesin stensil tersebut.

Mesin fotokopi sangat simple dan mudah digunakan karena dalam segi pengoperasian pun sangat mudah,karena sudah menerapkan system digital.Perbedaan yang mendalam antara mesin fotokopi dan stensil dalam hasil cetakan meisn fotokopi dapat mencetak banyak maupun sedikit dokument,sedangkan stensil minimal cetakan adalah 100 dokument dan juga memerlukan biaya yang cukup mahal dan memakan waktu yang lama.

Yang terakhir adalah dari segi cetakan hasil dokument.Mesin fotokopi jauh lebih bagus hasilnya dibandingkan dengan mesin stensil karena mengalami banyak faktor pada proses hasil cetakannya.

Top