News
24 Mei 2019

Mesin fotocopy merupakan sebuah mesin pengganda dokumen yang saat ini banyak digunakan baik di perkantoran ataupun usaha rumahan untuk menggandakan dokumen dalam jumlah yang banyak namun dengan waktu yang relatif singkat.  Namun seiring berkembangnya teknologi, saat ini mesin fotocopy tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan kegiatan penggandaan dokumen saja, namun bisa juga dilakukan untuk print, scan, dan fax. Sehingga dengan berbagai kelengkapannya itupun mesin fotocopy saat ini banyak diminati karena fasilitas yang lengkap

Apabila anda saat ini sudah memiliki mesin fotocopy, apapun merknya anda tentu harus menjaga dan merawat mesin fotocopy anda agar tetap dalam kinerja yang maksimal apabila digunakan. Apabila anda kurang mengerti cara penanganan dan perawatan mesin fotocopy, anda bisa membawanya ke pusat perbaikan mesin fotocopy terpercaya. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan agar mesin fotocopy anda tidak mudah rusak.

 

1.  Jangan Lupa Bersihkan Mesin Fotocopy

Apabila anda sudah lama tidak ingat kapan terakhir kali anda membersihkan mesin fotocopy anda, ada baiknya anda bersihkan sekarang juga untuk menjaga performa mesin fotocopy anda agar bisa berkerja dengan optimal. Tidak hanya itu sebaiknya anda tempatkan mesin fotocopy anda di tempat yang memang terhindar dari debu dan paparan sinar matahari. Apabila perlu jika sudah selesai digunakan anda bisa melapisi dengan plastik agar tidak mudah terkena debu. Perhatikan juga celah-celah kecil yang ada agar tidak dijadikan sarang tikus ataupun hewan kecil lainnya.

 

2.  Perhatikan Cara Pemakaian

Dalam hal ini, anda juga harus memperhatikan bagaimana anda menggunakan mesin fotocopy, apakah sudah benar atau belum. Sudah sesuai standar operasional penggunaan ataukah belum. Karena dengan menggunakan sesuai panduan standar yang berlaku akan  membantu anda menjaga mesin fotocopy anda dari kerusakan fatal yang bisa saja terjadi. Beberapa hal ini mungkin dianggap sepele ataupun masalah kecil namun apabila diabaikan, maka kemungkinan mesin fotocopy anda bisa mengalami kerusakan fatal dan biayanya melebihi biaya untuk perawatannya.

                                                                   

3. Selalu Lakukan Perawatan Secara Berkala

Dalam hal ini tentu faktor yang juga harus anda perhatikan adalah perawatan secara berkala terhadap mesin fotocopy. Dengan begitu mesin fotocopy anda bisa bekerja dan berfungsi dengan maksimal. Apabila anda sebelumnya berpikir untuk melakukan perawatan 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, sebaiknya segera buang jauh-jauh pemikiran tersebut karena hal tersebut bisa perlahan-lahan membuat mesin fotocopy anda segera rusak.

Anda bisa melakukan perawatan rutin 3 bulan sekali untuk mengganti berbagai spare part mesin fotocopy, dan anda juga diharuskan selalu mengecek berbagai komponen dari mesin fotocopy setiap bulannya untuk menghindari kerusakan yang mungkin sudah terjadi namun anda tidak menyadarinya. Itulah tips yang bisa diberikan, semoga dengan adanya tips ini anda lebih bisa membuat mesin fotocopy anda menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. 

 

Top