News
20 Januari 2019

Error code/kode error merupakan bentuk gangguan yang mengakibatkan suatu mesin fotokopi tak dapat berjalan dengan semestinya. Ditandai dengan munculnya tiga digit kode angka dalam display mesin fotocopy yang berfungsi untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mesin fotocopy tersebut. Berikut daftar 5 kode error yang biasanya dijumpai di mesin fotokopi canon analog berdasarkan sumber yang dikutip dari imagerunneradvance.com

1. #001

Pada kode ini biasa disebabkan oleh perbedaan ukuran asli yang dipindai berbeda dengan ukuran yang tersetting pada mesin fotokopi. Cara memperbaiki nya adalah dengan mengatur mode pada mesin fotokopi yang sesuai denga ukuran asli dan anda dapat mencoba memfotokopi nya kembali.

2. #009

Kode ini menunjukkan bahwa mesin fotocopy kehabisan kertas atau tempat/laci kertas tidak ditaurh dengan baik.  Cara memperbaiki nya adalah dengan mengisi stock kertas dan jika kertas sudah terisi berarti permasalahan ada pada tempat kertas. Anda dapat menaruh tempat kertas dan membetulkan posisi nya secara benar.

3. #099

Kode ini menunjukkan bahwa proses print/fotokopi kertas mengalami gangguan dan juga error yang disebabkan oleh tombol daya/power utama tidak dinyalakan ketika proses fotokopi berlangsung. Jika hal itu terjadi anda dapat menyalakan tombol ON yang terdapat pada mesin fotokopi dan cobalah untuk mengulang proses fotokopi tersebut.

4. #401

Masalah yang terjadi pada kode ini biasanya adalah ketika kita ingin melakukan proses penggandaan dokumen atau fotokopi, biasanya mesin fotokopi mendeteksi bahwa memori penuh. Disarankan untuk anda segera memeriksa dan juga mengganti media memori untuk memberikan ruang memori yang cukup bagi mesin fotokopi.

5. #403

Kode ini menunjukkan bahwa dokumen tidak dapat disimpan dikarenakan nama yang sama. Pada umumnya mesin fotokopi akan otomatis memberi nama baru tetapi jika nama baru itu telah ada maka mesin fotokopi akan menunjukkan kode error ini. Untuk mengantisipasi hal ini, anda dapat memberi nama baru kemudian refresh ulang kembali dokumen tersebut.

Top